Keluhan dan masalah-masalah yang umum timbul pada masa kehamilan, oleh dr. I Made Yudhi Indriawan W, Sp. OG

Benarkah mitos bahwa melihat seseorang berwajah buruk akan membuat wajah calon bayi anda ikut buruk ? “Melihat saja bukan hal yang salah, kecuali jika anda mencela. Namun bagaimanapun ini tidak ada hubungannya dengan wajah sang calon bayi, karena hal tersebut bersifat genetis” demikian jawab dr. I Made Yudhi Indriawan, Sp. OG dalam perbincangannya terkait mitos-mitos dan masalah seputar kehamilan di acara Dokter on Radio beberapa waktu yang lalu.

Selain masalah seputar kehamilan, dokter Yudhi juga menjelaskan sejumlah tanda-tanda awal kehamilan, diantaranya : Keterlambatan menstruasi/haid, perubahan-perubahan hormonal seperti payudara bengkak, sering merasa lelah, mual, sakit kepala dan punggung, perut kram, sering buang air kecil, ngidam atau menolak makanan tertentu, sembelit, perubahan mood, sensitif pada bau, dan positif tes kehamilan. “Tanda-tanda awal ini bisa diikuti dengan pemeriksaan UKG untuk memastikan adanya janin yang berkembang didalam rahim anda”, kata
dokter Yudhi.
Beberapa pantangan atau larangan pada ibu hamil yang beredar di masyarakat juga bukan selalu terkait dengan dunia kesehatan, seperti larangan mengkonsumsi makanan yang beraroma kuat contohnya buah durian, dan lain-lain. “Ibu hamil dapat saja mengkonsumsi buah durian asalkan tidak berlebihan”, katanya.

Sementara saat disinggung terkait kenaikan berat badan, “seorang ibu hamil memang bisa mengalami kenaikan berat badan berkisar 11-15 kg, namun hal ini perlu diawasi khususnya pada ibu hamil yang sudah overweight. “Sebaiknya hanya 7-11 kg saja, dan dianjurkan untuk selalu menjaga pola makan agar tetap sehat, tutupnya”.

dr Made Yudhi

One thought on “Keluhan dan masalah-masalah yang umum timbul pada masa kehamilan, oleh dr. I Made Yudhi Indriawan W, Sp. OG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s