Siaran Dokter on Radio, Demam Berdarah pada Anak oleh dr. Ken Shinta, Sp. A

dr Ken ShintaSabtu 08 Juni 2013, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun bekerjasama dengan Radio Primadona 100 FM Pangkalan Bun kembali mengadakan acara Siaran Radio bertajuk “Dokter On Radio” yang mengangkat bahasan materi tentang penyakit Demam Berdarah pada Anak. Materi siaran ini disampaikan langsung oleh dokter Spesialis Anak RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dr. Ken Shinta, Sp.A.

Dalam siaran radionya, dokter Ken memaparkan tentang materi Penyakit Demam Berdarah Dengue pada Anak. Seperti diketahui beberapa bulan terakhir di Kota Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat sempat dinyatakan status KLB untuk penyakit Demam Berdarah Dengue. Ini terjadi karena tingginya tingkat penularan penyakit DBD khususnya yang terjadi pada pasien anak-anak.

Penyakit demam berdarah sendiri adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dan dapat mengenai seseorang melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Bila daya tahan tubuh baik dan virus tidak ganas, maka derajat penyakit tidak berat. Sebaliknya apabila daya tahan tubuh rendah seperti pada anak-anak, penyakit infeksi dengue ini dapat menjadi berat bahkan dapat mematikan.
Seperti halnya virus yang lain (misalnya influenza, campak) sebagian penderita dapat sembuh dengan sendirinya, baik diobati maupun tidak diobati oleh karena penyakit virus bersifat self limiting disease. Jadi, penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus mempunyai keunikan yaitu datang mendadak, penyakit akan berjalan terus walaupun diobati, dan akhirnya akan sembuh dengan sendirinya tergantung dari ketahanan tubuh orang yang terkena. Jadi, apa gunanya diobati? Sebenarnya yang diobati adalah gejala yang timbul sebagai ‘akibat ulah’ virus yang berakhir timbul gejala demam, syok, maupun perdarahan.

Hingga kini, belum ada vaksin atau obat antivirus bagi penyakit ini. Tindakan yang paling efektif untuk menekan epidemi demam berdarah adalah dengan melakukan pencegahan. Karenanya dokter Ken Shinta, Sp. A menekankan pentingnya upaya pencegahan penyakit demam berdarah ini yakni dengan memelihara kebersihan lingkungan disekitar tempat tinggal kita, mengontrol keberadaan dan sedapat mungkin menghindari vektor nyamuk pembawa virus dengue.

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengenal gejala-gejalanya. Apabila sudah ada satu atau beberapa orang yang terjangkit penyakit demam berdarah DBD, maka kewaspadaan menjadi penting.

Gejala yang terlihat diantaranya demam tinggi pada 3 hari pertama. Gejala ini diikuti gejala klinis lainnya seperti sakit kepala, mual, muntah, tubuh lemas, rasa nyeri pada otot dan persendian, serta munculnya bintik merah pada kulit. Apabila ditemukan gejala tersebut, maka pertolongan pertama yang perlu segera diberikan adalah memberikan minum air putih yang banyak kepada penderita, setelah itu segera membawa penderita ke puskesmas atau rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan darah di laboratorium.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s