Dokter On Radio, Penyakit Stroke bersama dr. Sahat Aritonang, Sp.S

Dalam acara Dokter On Radio rutin di Radio Primadona 100 FM, dr. Sahat Aritonang, Sp. S selaku dokter spesialis syaraf RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun mengangkat materi terkait Penyakit Stroke.

Menurut dr. Sahat, stroke adalah gangguan saraf otak yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di otak yang terjadi dalam tempo sekitar 24 jam atau lebih. Boleh dikatakan serangan stroke terjadi mendadak dan sulit diprediksi, dan berlangsung sekitar 15-an menit.

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke satu bagian otak terhambat cukup parah (karena adanya bekuan darah atau aterosklerosis) atau sama sekali terhenti (karena pecahnya pembuluh darah). Akibatnya kiriman oksigen dan nutrisi bagi jaringan sel-sel saraf otak tersendat atau bahkan terhenti sama sekali. Dalam waktu hanya beberapa menit sel-sel otak pun mati. Hal inilah yang menyebabkan berbagai fungsi otak terganggu yang manifestasinya berupa gangguan gerak (berjalan dan/atau mengangkat tangan), gangguan intelektual (sulit berbicara dan/atau mengerti pembicaraan orang lain, sulit menghitung), terjadi kelumpuhan pada satu sisi, gangguan pada penglihatan, sakit kepala dan/atau vertigo parah, dan lain-lain.
Tanda-tanda penyakit stroke ini sangat umum, biasanya diawali dengan kesemutan ringan tanpa sebab, sakit kepala atau vertigo ringan yang datang dan pergi, dan lain-lain, hal ini mengakibatkan penyakit stroke sulit diprediksi. Padahal stroke perlu penanganan secepatnya karena bisa berakibat kecacatan permanen bahkan kematian jika terlambat ditangani. Untuk itulah perlu pengetahuan tentang stroke dan memeriksakan kesehatan diri secara berkala, terutama di kalangan usia muda dan produktif, agar mereka bisa menjaga kesehatan dirinya, tutup dr. Sahat.

dr Sahat Aritonang Sp S

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s