Dokter On Radio, Diabetes Melitus bersama dr. Zulrifqi, Sp.PD

Penyakit Diabetes Melitus (DM) atau yang kita kenal sebagai penyakit kencing manis adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar gula (glukosa) darah akibat kekurangan insulin baik absolut maupun relatif. DM, merupakan salah satu penyakit deferatif dengan sifat kronis yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada tahun 1993 prevalensinya meningkat menjadi 5,7% dan pada tahun 2001 melonjak menjadi 12,8%. Klasifikasi atau jenis diabetes ada bermacam-macam, tetapi di Indonesia yang paling banyak ditemukan adalah DM tipe 2. Jenis Diabetes yang lain ialah DM tipe 1; diabetes kehamilan/gestational (DMG) dan diabetes tipe lain. Ada juga kelompok individu lain dengan toleransi glukosa abnormal tetapi kadar glukosanya belum memenuhi syarat mauk ke dalam kelompok diabetes melitus, disebut toleransi glukosa terganggu (TGT).

Dalam siaran radio, Sabtu 11 Mei 2013, dokter spesialis penyakit dalam RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dr.Zulrifqi, Sp.PD menyampaikan bahwa sebenarnya penyakit diabetes tidaklah menakutkan bila diketahui lebih awal. Kesulitan diagnosis timbul karena kadang-kadang dia datang tenang dan bila dibiarkan akan menghanyutkan pasien kedalam komplikasi fatal. Oleh karena itu mengenal tanda-tanda awal penyakit diabetes ini menjadi sangat penting.

Dokter on Radio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s