Penyakit Katarak dalam Siaran Radio RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun

Sabtu, 04 Mei 2013. RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun kembali melaksanakan kegiatan siaran radio di radio lokal Primadona FM Pangkalan Bun. Dalam siarannya kali ini, RSUD Sultan Imanuddin memberikan informasi mengenai penyakit Katarak.
Katarak, sebagaimana diketahui merupakan salah satu penyakit mata yang sangat mengganggu fungsi penglihatan bahkan jika dibiarkan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kebutaan. Penyakit Katarak adalah proses mengeruhnya lensa mata, yang terjadi akibat penebalan lensa mata itu sendiri, baik yang ditimbulkan oleh faktor usia atau tercetus dari penyakit diabetes melitus dan sebagainya.
Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, sering minum-minuman beralkohol, memakai corticosteroid dalam jangka panjang, atau memiliki riwayat pekerjaan lapangan yang sering terkena radiasi sinar matahari secara langsung, atau riwayat trauma mata, dapat menjadi pencetus/penyebab terjadinya penyakit katarak.
Jika anda mengalami tanda/gejala seperti pandangan kabur dan berkabut, penglihatan yang semakin lama semakin surut, kesulitan untuk membaca tulisan dengan ukuran kecil, sensitif terhadap cahaya yang sangat terang, lensa mata berwarna putih, penglihatan malam lebih jelas dibandingkan dengan siang hari, atau kadang penglihatan pada satu mata menjadi dua (ganda), sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi mata anda ke Rumah Sakit untuk menganalisa lebih lanjut gejala yang terjadi.
Dalam siarannya, dr. Agus Arianto, Sp.M (dokter Spesialis Mata RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun) menjelaskan, bahwa sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun sudah dapat melakukan operasi katarak menggunakan teknologi bedah katarak modern, yakni menggunakan mesin fakoemulsiufikasi dengan teknologi Cold Phacoemulsification.
Dengan teknologi tersebut, dapat diperoleh sejumlah keunggulan diantaranya :

  • Lebar sayatan luka operasi sangat minimal, (hanya 1,8 sampai dengan 2,2mm)
  • Luka sayatan tidak perlu dijahit
  • Menggunakan lensa buatan (lensa intra ocular/lensa implant) untuk mengganti lensa yang rusak, dan
  • Bisa dilakukan untuk semua jenis katarak (muda-tua/matur)

dokter AgusSiaran dokter Agus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s