Study Visit RSUD dr. Murjani Sampit ke RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Murjani, Sampit. Kabupaten Kotawaringin Timur, pada Rabu, tanggal 13 April 2011 melakukan kunjungan kerja ke RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS) di RSUD dr. Murjani.

SIM-RS merupakan Sistem Informasi berbasis komputer yang digunakan sebagai sarana pendukung operasional Rumah Sakit.

Aplikasi ini cukup penting sebab dengan SIM-RS pelayanan terhadap pasien dapat lebih ditingkatkan. Melalui SIM-RS, Rumah Sakit dapat melakukan pencatatan Rekam Medik yang terintegrasi, kecepatan dalam pelayanan Administrasi, dan Sistem kontrol inventaris.

Selain itu, ketepatan fungsi finansial serta pembuatan laporan-laporan, baik keuangan, perawatan dan lainnya secara cepat dan akurat. Dengan demikian, tenaga kesehatan di Rumah Sakit tidak tersedot untuk mengurusi Sistem Administrasi.

RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun telah menerapkan SIM-RS sejak tahun 2007, dan kini telah meliputi Rekam Medik, Sistem Antrian, Billing System, Asset, dan Farmasi Inventaris. “SIM-RS juga menekankan pada transparansi, mulai dari tarif sampai administrasi lainnya. Misalnya tarif, RSUD Sultan Imanuddin menyediakan brosur tentang Peraturan Daerah Tarif pelayanan”, terang Kepala Divisi SIM-RS dan Pemasaran Sosial RSUD Sultan Imanuddin, Edy Permono.

Sementara itu, Ketua Tim SIM-RS RSUD dr. Murjani, Sutoyo mengatakan, RSUD dr. Murjani baru akan mengujicoba SIM-RS pada April atau selambat-lambatnya awal Mei mendatang. “Semua perangkatnya sudah ada, tetapi belum diaplikasikan. Sekarang studi banding dulu agar mendapatkan gambaran mengenai SIM-RS”, ujar Sutoyo disela-sela kunjungannya ke RSUD Sultan Imanuddin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s