PKRS – Membuang sampah pada tempatnya

Senin ini, bagian PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun memulai kegiatan PKRS yang dilaksanakan di areal informasi Poliklinik Rawat Jalan RSUD Sultan Imanuddin. Dalam kesempatan perdana ini, penanggung jawab PKRS (Bapak Mis’ad, SKM) menyampaikan penyuluhan tentang pentingnya kesadaran dalam membuang sampah sesuai tempatnya. Pengelolaan sampah sesuai tempat dan jenisnya selain memberikan manfaat kebersihan juga dapat memberikan manfaat lain yang lebih besar. Manfaat yang diperoleh tersebut, dapat dilihat dari beberapa segi, diantaranya :

Segi Kesehatan : Dengan mengelola budaya membuang sampah sesuai tempatnya, dan sesuai jenisnya dapat mencegah/meminimalisir resiko terjadinya penyebaran penyakit dan binatang-binatang yang dapat menyebarkan penyakit di lingkungan tinggal kita, diantaranya Nyamuk, Lalat, Kecoa, dan Tikus.

Segi Ekonomi : Apabila sampah dikelola secara baik, dan dipisahkan menurut jenis dan karakternya dapat memberikan nilai ekonomis. Misalnya pengelolaan sampah-sampah organik yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan kompos. Sampah-sampah ini bisa diperoleh dari sisa-sisa bahan makanan, sayuran, serta dedaunan di sekitar lingkungan.

Menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan kesadaran tentang pentingnya membuang sampah ini memang terlihat “sepele”, namun manfaatnya sungguh sangat besar dan dapat dinikmati tidak hanya oleh kita sendiri, tetapi juga dapat memberikan manfaat untuk generasi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s