RSUD Sultan Imanuddin raih Piala Citra Pelayanan Prima

RSUD Sultan Imanuddin raih Piala Citra Pelayanan Prima

Sebagai tindak lanjut hasil penilaian kinerja Unit Pelayanan Publik (UPP) dalam rangka penganugerahan Piala Citra Pelayanan Prima Tahun 2010, berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor : 354 tahun 2010 telah ditetapkan Unit Pelayanan Publik penerima penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima tahun 2010.

Dari sejumlah Unit Pelayanan Publik yang menerima penghargaan tersebut, untuk wilayah provinsi Kalimantan Tengah ditetapkan sejumlah Unit Pelayanan Publik, yang salah satunya adalah RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

Penyerahan Piala Citra Pelayanan Prima ini dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2010 di istana Wakil Presiden, Jakarta dan diterima langsung oleh Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dr. Suyuti Syamsul, MPPM.


Sejak tahun 1995, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara memberikan Penghargaan Citra Pelayanan Prima yang dilakukan dua tahun sekali sebagai bentuk apresiasi kepada aparatur negara guna lebih mendorong dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Hal ini antara lain dilakukan melalui berbagai inovasi dan terobosan yang pada hakekatnya untuk mempermudah, mempercepat, dan meminimalkan biaya.

Piala Citra Pelayanan Prima adalah suatu penghargaan yang diberikan oleh pemerintah terhadap Unit Pelayanan Publik yang berprestasi secara nasional. Untuk mendapatkan penghargaan tersebut suatu unit pelayanan publik harus memiliki kinerja yang baik dan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

Diharapkan dengan penganugerahan Piala Citra ini masyarakat dapat benar-benar mendapatkan pelayanan proporsional yang merupakan haknya, baik di bidang kesehatan, pendidikan, perijinan, perpajakan, surat-menyurat dan sebagainya. Dengan pelayanan yang baik, transparan, cepat, dan murah, juga diharapkan mampu memperbaiki iklim investasi di daerahnya. Keberhasilan unit pelayanan publik di suatu daerah/instansi juga diharapkan bisa diadopsi oleh daerah atau unit-unit lain.

Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, sebelumnya juga telah mendapatkan penghargaan serupa pada tahun 2008 yang lalu. Namun saat itu, hanya berupa Piagam sedangkan tahun 2010 ini meningkat dengan perolehan Piala Citra.

Penganugerahan Piala Citra merupakan kerja keras dari seluruh karyawan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, yang diapresiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Diharapkan dengan perolehan ini, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan prima kepada konsumen. Suatu pelayanan publik yang prima adalah pelayanan yang berasaskan kepentingan umum, kepastian dasar hukum, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban, profesionalisme, partisipatif, tidak diskriminatif, keterbukaan, akuntabel, tepat waktu, cepat, mudah dan terjangkau.

2 thoughts on “RSUD Sultan Imanuddin raih Piala Citra Pelayanan Prima

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s