General Emergency Life Support RSUD Sultan Imanuddin

Penanganan kondisi kegawatdaruratan memerlukan tindakan yang tidak hanya cepat tetapi juga tepat.

Teknologi kesehatan dan standar penanganan yang terus berkembang mengkondisikan Rumah Sakit untuk terus memberikan pelatihan-pelatihan secara berkala demi meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan yang ada, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terbaik.

Akhir-akhir ini Indonesia mengalami berbagai bencana baik bencana alam, antara lain gempa bumi, tanah longsor, tsunami, banjir, gunung meletus maupun bencana akibat ulah manusia seperti kebakaran, huru-hara, dan ledakan bom. Keadaan ini dapat menimbulkan penyakit atau keadaan cidera dan gangguan pernapasan, begitu pula dengan kepadatan penduduk yang rentan terhadap penyakit, kecelakaan lalulintas dan perkelahian massal dengan segala akibat cidera, sehingga dibutuhkan pelayanan gawat darurat yang memadai. Perubahan pola hidup yang merupakan dampak peningkatan derajat sosial ekonomi dapat menyebabkan perubahan epidemiologi penyakit seperti meningkatnya penyakit jantung dan pembuluh darah, sementara penyakit infeksi menular yang mematikan turut berkembang pesat. Semua ini turut menambahkan kebutuhan masyarakat akan pelayanan emergency sehari-hari.

Pelayanan kesehatan kegawatdaruratan dirasakan oleh masyarakat saat ini masih belum optimal, hal ini dapat terjadi karena sarana prasarana yang kurang memadai serta tenaga kesehatan yang belum memenuhi standar pelayanan gawat darurat, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Untuk mengurangi angka kematian karena keterlambatan pertolongan, dibutuhkan instalasi gawat darurat yang mempunyai fasilitas dan sarana yang memadai, serta tenaga yang mampu dan terampil dalam pertolongan penderitaan gawat darurat. Agar tenaga kesehatan di Rumah Sakit dapat melaksanakan tugas, peran dan fungsinya serta mampu dan terampil dalam pertolongan penderita gawat darurat tersebut, maka tenaga kesehatan perlu dibekali dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan. Rumah Sakit telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana sesuai yang dibutuhkan, namun perlu disertai dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan secara terus menerus dari tenaga kesehatan khususnya medis dan keperawatan, sehingga dapat memberikan pelayanan.

Dengan melihat kondisi dan kenyataan seperti diatas, maka kegiatan pelatihan General Emergency Life Support (GELS) merupakan salah satu jawaban atas semua pernyataan tersebut. Pada tanggal 02 s/d 04 Desember 2010, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun bekerjasama dengan instruktur pelatihan dari RSUD dr. Soetomo Surabaya, menyelenggarakan kegiatan pelatihan GELS (General Emergency Life Support), yang diikuti sekurangnya 30 orang peserta dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Pelatihan yang dilaksanakan di aula hotel Mahkota Pangkalan Bun ini diberikan dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kemampuan tenaga kesehatan untuk dapat melakukan tindakan-tindakan yang tepat khususnya dalam menangani kondisi kegawatdaruratan.

Dalam sambutan Bupati Kotawaringin Barat yang dibacakan oleh Lumban Gaol, SE, selaku staf ahli bidang ekonomi dan perdagangan, pemerintah percaya bahwa seluruh narasumber yang berasal dari RSUD dr. Soetomo Surabaya dapat memberikan tambahan keterampilan dan ilmu pengetahuan dalam upaya peningkatan pelayanan kegawatdaruratan khususnya dan pelayanan kesehatan secara umum di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Selain itu Bupati pun menyampaikan harapan agar pelatihan GELS ini benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan nantinya mampu diimplentasikan oleh para peserta dalam melakukan kegiatan kegawatdaruratan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s