Revisi Standar Asuhan Keperawatan RSUD Sultan Imanuddin

Kualitas layanan dan standar layanan merupakan dua hal yang saling terkait, karena dengan adanya standar dapat diukur suatu layanan memiliki kualitas yang meningkat atau justru menurun.

RSUD sultan Imanuddin Pangkalan Bun menyelenggarakan forum Revisi Standar Asuhan Keperawatan (SAK) yang dilaksanakan di gedung aula hotel mahkota pada tanggal 23 s/d 24 November 2010. Kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali ini, diikuti oleh 40 orang perawat dan bidan yang merupakan perwakilan dari setiap ruang layanan perawatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Sementara selaku narasumber, hadir dua orang wakil dari RSUD Banyumas.

Revisi SAK diselenggarakan dalam rangka analisa dan juga revisi (baik perubahan ataupun penambahan) terhadap standar asuhan keperawatan yang telah digunakan sebelumnya.
Menurut drg. Ahmad Faozan selaku Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, standar layanan dan asuhan keperawatan terus berubah mengikuti modernisasi dibidang teknologi kesehatan. Kualitas dan standar penanganan kesehatan yang dipakai beberapa tahun yang lalu bisa jadi berbeda disaat sekarang, ini dipengaruhi perkembangan di dunia teknologi dan modernisasi dibidang kedokteran. Itulah sebab mengapa standar asuhan keperawatan perlu direvisi secara berkesinambungan, untuk menyesuaikan standar layanan yang diseimbangkan dengan kebutuhan pasien. Tentunya juga menyesuaikan dengan kondisi kemampuan dan ketersediaan yang kita miliki. Hal ini disampaikannya langsung dalam kesempatan wawancara bersama TV Internal Rumah Sakit (RSItv).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr. Suyuti Syamsul, MPPM menyampaikan bahwa revisi Standar Asuhan Keperawatan ini bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan terhadap seluruh pasien. Dengan dilaksanakannya revisi Standar Asuhan Keperawatan diharapkan output berupa Standar Asuhan Keperawatan yang baru yang nantinya akan digunakan sebagai standar oleh perawat dalam penanganan terhadap pasien.

2 thoughts on “Revisi Standar Asuhan Keperawatan RSUD Sultan Imanuddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s