Pengukuran Kinerja

Pengukuran kinerja merupakan suatu proses penilaian yang sistematik dan bertahap untuk menilai keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan strategis dan perencanaan kinerja tahunan.

Pengukuran kinerja di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dikelompokkan dalam 3 (tiga) indikator yaitu indikator masukan (Input), indikator keluaran (Output) dan indikator hasil (Outcome). Indikator keberhasilan RSUD Sultan Imanuddin meliputi :

1. Jumlah kunjungan RSUD meningkat, yaitu pada tahun 2008 sebanyak 51.269 orang (kunjungan rawat jalan 43.843 orang dan rawat inap 7.426) menjadi 62.136 orang pada tahun 2009 (kunjungan rawat jalan 52.352 orang dan rawat inap 9.784).

2. Tingkat pemanfaatan tenpat tidur rumah sakit (BOR) cenderung meningkat, pada tahun 2008 sebesar 79,63 % menjadi 84,64 % pada tahun 2009

3. Rata-rata lama perawatan pasien rumah sakit (Average LOS) pada tahun 2008 sebanyak 4,94 hari menjadi 4,86 hari pada tahun 2009

4. Rata-rata hari tempat tidur rumah sakit ditempati (TOI) penurunannya cukup signifikan, pada tahun 2008 sebanyak 1,26 hari menjadi 0,90 hari pada tahun 2009

5. Frekuensi pemakaian tempat tidur (BTO) ada peningkatan yang bermakna, pada tahun 2008 sebanyak 58,98 kali menjadi 62,50 kali pada tahun 2009

6. Tingkat kematian umum untuk 1000 penderita keluar (GDR) mengalami penurunan pada tahun 2008 sebesar 36,33 %o menjadi 31,90 %o pada tahun 2009

7. Angka kematian >48 jam setelah dirawat untuk tiap 1000 penderita keluar (NDR) penurunannya bermakna dari tahun ketahun, pada tahun 2008 sebesar 1,67 %o menjadi 1,58 %o pada tahun 2009

8. Jumlah pendapatan cenderung meningkat dari tahun ke tahun, pada tahun 2008 sebanyak Rp. 7.927.467.880 menjadi Rp. 13.262.435.463 pada tahun 2009;

9. Tingkat kepuasan pelanggan rumah sakit meningkat, berdasarkan survey pelanggan. (Indeks Kepuasan Pelanggan) Pada tahun 2007 sebesar 73,94% menjadi 81,42% pada tahun 2008 (Rawat Inap). Indeks Kepuasan Pelanggan Rawat jalan pada tahun 2007 sebesar 77,42% menjadi 83,51% pada tahun 2008, tahun 2009 tidak dilakukan survey.

One thought on “Pengukuran Kinerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s